Apa yang dimaksud dengan Analisis Perbandingan dalam Statistik

Analisis perbandingan digunakan untuk menguji perbandingan antara dua sampel data atau lebih (k-samples). Pada jenis penelitian komparasi ini, peneliti membandingkan dua objek atau dua perlakuan pada periode yang sama atau tidak. Pada penelitian jenis ini dapat dibagi menjadi dua jenis komparasi (perbandingan) berpasangan dan komparasi tidak berpasangan yaitu:

1. Komparasi Berpasangan

Pada penelitian komparasi berpasangan, sampel yang digunakan biasanya adalah objek yang sama, yang berbeda adalah perlakuannya. Sebagai contoh: pada judul penelitian: Analisis perbandingan metode mengajar terhadap prestasi mahasiswa SBM-ITB. Yang menjadi subjek penelitian di sini adalah mahasiswa yang sama di SBM ITB. Sedangkan objek (perlakuan) yang dibandingkan adalah prestasi mahasiswa hasil mengajar dengan metode A dan metode B. Contoh lainnya adalah:

“Analisis komparasi strategi pemasaran A dan B terhadap kinerja penjualan produk elektronik Samsung di Indonesia“

2. Komparasi Tidak Berpasangan

Pada penelitian komparasi tidak berpasangan subjek penelitian yang dibandingkan diambil dari sampel yang berbeda. Sebagai contoh pada judul penelitian:

Analisis perbandingan respon karyawan wanita dan pria terhadap kebijakan perusahaan”

Yang menjadi subjek penelitian ini ada dua kelompok yang berbeda yaitu kelompok karyawan wanita dan pria. Sedangkan yang menjadi objek penelitian (perlakuan) hanya satu yaitu respon atau sikap terhadap kebijakan baru manajemen perusahaan. Contoh lainnya adalah:

Analisis perbandingan Imbal Hasil Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dengan LQ-45 periode 2005-2011”

Hidayat Huang

Hidayat Huang

Konsultan at PT Globalstat Solusi Utama
Pengajar Metodologi Riset di salah satu perguruan tinggi di Jakarta
Hidayat Huang

Latest posts by Hidayat Huang (see all)