Jasa Olah Data dengan SPSS, E-Views atau Excel??

spss

Kita sebagai peneliti mungkin kadang dibingungkan oleh banyaknya software statistik. Software statistik apakah yang harus dipilih apakah eview, spss atau cukup excel?? Berikut merupakan ulasannya.

Apa Kelebihan-kelebihan SPSS?

SPSS adalah software statistik yang dikembangkan oleh IBM. Software ini sebetulnya sudah cukup lama dikenal yaitu sejak 1968. Software ini memang dikembangkan khusus untuk melakukan olah data pada ilmu-ilmu sosial.

Seperti halnya kepanjangan dari SPSS yaitu statistical package for social science, maka spss memang cocok untuk olah data penelitian-penelitian sosial. jika kita anda sedang melakukan penelitian sosial seperti bidang komunikasi, kesehatan, marketing, pendidikan, psikologi, sosiologi, politik dan semacamnya, maka software SPSS sangat cocok untuk mengolah data tipe ini.

Jika kita memiliki hasil survey dan ingin menampilkannya dalam bentuk distribusi frekuensi, maka SPSS adalah sofware yang tepat. Jika kita memiliki data numerik dan ingin melakukan analisis melalui berbagai macam grafik yang dikenal dalam ilmu statistik  seperti boxplot, maka software SPSS menyediakan banyak jenis grafik statistik. Yang lebih utamanya adalah, kita akan dengan mudah menemukan dan mengoperasikan berbagai macam uji statistik pada SPSS. Mulai dari statistik desktiptif, distribusi frekuensi, uji-uji nonparametrik statistik, parametrik statistik, korelasi, regresi, dan berbagai uji statistik multivariat, telah tersedia.

Apa Kekurangan-kekurangan SPSS?

Kekurangan SPSS adalah, SPSS tidak membedakan tipe data apakah disusun berdasarkan runtun waktu (time-series) atau disusun berdasarkan subjek penelitian (cross section). sehingga jika dihadapkan pada data time series maka spss kurang cocok. terlebih jika kita menggunakan data panel, data gabungan time series dan cross section, SPSS tidak memiliki kemampuan mengolah data seperti ini.

Karena ketidakmampuannya melakukan olah data panel, maka SPSS tidak mampu meng-generate model fixed effect dan model random effect. Data panel dalam hasil olahan SPSS hanya akan menjadi satu model yaitu model common.

Apa Kelebihan-kelebihan E-views?

Software E-Views atau Econometric Views, adalah software statistik yang dikembangkan oleh Quantitative Micro Software (QMS) pada tahun 1994.

Software yang populer di kalangan ekonom, atau akademisi di bidang ilmu ekonomi adalah eviews. sebetulnya ada software statistik lain yang serupa yaitu Stata. Kedua software ini mampu melakukan olah data time series dan panel data. Karena kemampuannya melakukan olah data panel, maka Eviews mampu meng-generate model fixed effect dan model random effect. Sekaligus memilih model mana yang paling tepat melalui Uji Hausman dan Uji Chow.

Dalam hal uji-uji statistik terkait data time series, Eviews sangat powerful membantu penggunanya. kita dapat melakukan analisa forecasting ARIMA, arch-garch atau bahkan model-model VECM. Berbagai macam uji asumsi statistiknya pun telah tersedia.

Apa Kekurangan-kekurangan Eviews?

Karena fokusnya adalah melakukan olah data ekonometrik, maka software Eviews kurang cocok untuk mengolah data penelitian sosial, terlebih melakukan olah data multivariat. Kita tentu akan kesulitan jika ingin mengeluarkan output seperti distribusi frekuensi, uji non parametrik dan sejenisnya.

Kelebihan dan kekurangan Excel

Apakah kita mampu mengolah data dengan hanya bantuan Excel?? Sebetulnya mampu. Walaupun sudah banyak software statistik untuk melakukan olah data, dalam beberapa uji statistik sederhana kita masih dapat menggunakan Excel tanpa bantuan software lain. misalnya untuk menghitung distribusi frekuensi, ukuran central tendency atau dispersion seperti, mean, median, modus, standar deviasi, range, Excel memiliki kemampuan untuk itu. Bahkan lebih jauh lagi untuk melakukan analisa korelasi Pearson Product Moment, analisa regresi linier sederhana, excel masih mampu.

Namun, dalam kasus yang lebih kompleks, misalnya kita hendak melakukan olah data multivariate, time series, nonparametrik test, tentunya perlu bantuan software lain. Excel adalah software yang terbuka sehingga kita dapat menambahkan (add ins) mikcro software ke dalam Excel. Untuk simulai monte carlo misalnya, kita dapat menambahkan add ins Crystal Ball dari Oracle. Untuk melakukan transformasi data dari data skala likert (ordinal) menjadi data numeric (interval) maka kita dapat menambah add ins Method Successive Interval.

Beberapa kelebihan Excel lainnya adalah pengguna mampu meng-customize tampilan grafik menjadi lebih indah. Sementara jika software lain tidak menyediakan ini. Melalui excel, kita mampu menghasilkan grafik yang lebih indah secara visual.

Hidayat Huang

Hidayat Huang

Konsultan at PT Globalstat Solusi Utama
Pengajar Metodologi Riset di salah satu perguruan tinggi di Jakarta
Hidayat Huang

Latest posts by Hidayat Huang (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*