Memilih Metode Analisis Data

Memilih Metode Analisis Data

Tahap identifikasi metode analisis data dari sebuah penelitian bertujuan untuk memilih metode analisis yang tepat dalam sebuah penelitian. Pemilihan metode analisis penting dilakukan karena akan sangat berkaitan dengan keabsahan sebuah kesimpulan yang diambil.

Untuk mengidentifikasi metode analisis data yang cocok alam sebuah penelitian, secara kasar peneliti dapat melakukan identifikasi berdasarkan judul yang tercantum dalam penelitian tersebut. Dalam judul sebuah penelitian, umumnya mencantumkan kata-kata penghubung variabel.  kata-kata penghubung tersebut seperti pengaruh, efek, dampak, dan perbandingan. Kata-kata di atas memiliki keterkaitan yang erat dengan metode analisis tertentu, misalnya untuk kata pengaruh maka metode analisis data yang mungkin dapat dipilih seperti analisis regresi, analisis jalur, Structural Equation modelling, dan analisis Anova. Tidak tepat jika sebuah judul penelitian menggunakan kata hubungan sedangkan metode analisis data yang dipilih adalah Analisis Regresi atau Analisis Jalur. jika sebuah judul penelitian menggunakan kata hubungan, maka metode analisis data yang mungkin dapat digunakan adalah analisis korelasi. Begitu pula dengan kata penghubung perbandingan, penelitian yang menggunakan kata perbandingan maka metode analisis data yang umum digunakan seperti Uji t, Uji Z, uji anova, Uji Mann Whitney dan metode analisis perbandingan lainnya.

Dengan demikian, secara garis besar tujuan utama dari penelitian tersebut disarikan  dari berbagai variabel penentu penelitian tersebut seperti politik, ekonomi, dan kinerja saham pada sektor pertambangan di BEI.

Langkah berikutnya adalah memahami tujuan spesifik dari masing-masing variabel penelitianya,  sebagai berikut:

Untuk mengetahui  perkembangan situasi politik pada periode tertentu.
Untuk mengetahui perkembangan indikator ekonomi pada periode tertentu.
Untuk mengetahui kinerja saham di sektor pertambangan pada periode tertentu.
Untuk mengetahui pengaruh politik terhadap kinerja saham pertambangan pada periode tertentu.
Untuk mengetahui pengaruh ekonomi terhadap kinerja saham pertambangan pada periode tertentu.
Untuk mengetahui pengaruh politik dan ekonomi terhadap kinerja saham pertambangan secara bersamaan pada periode tertentu.
Dari judul penelitian tersebut dapat diidentifikasi rumusan masalah dan tujuan penelitian di atas, sehingga kita dapat menguraikan dan mengidentifikasi metode statistik apa saja yang cocok untuk digunakan dalam analisis penelitian tersebut.

Agar identifikasi yang kita lakukan lebih andal dan akurat, maka perlu melakukan beberapa langkah taktis untuk membedah suatu judul penelitian. Dalam setiap langkah diperlukan identifikasi yang cermat terutama terhadap kata-kata kunci (keywords), jumlah variabel dan skala pengukuran yang digunakan. Langkah-langkah untuk mengidentifikasi metode statistik dari judul dan/ataurumusan masalah penelitian adalah sebagai berikut:

Tentukan kata kunci pada judul penelitian, dalam hal ini kata-kata gambaran, pengaruh, dampak, hubungan, perbandingan atau analisis dari berbagai variabel-variabel  yang diteliti oleh periset.
Perhatikan jumlah variabel independen dan jumlah variabel dependen yang dicari (search) gambaran, pengaruh, dampak, hubungan, perbandingan atau analisisnya.
Mengetahui skala pengukuran dari setiap variabel yang akan digunakan dalam penelitian ini, baik variabel independen maupun dependen dengan tepat.
Dari uraian beberapa tahapan di atas, maka dapat kita jabarkan pada langkah-langkah berikut ini:

Langkah pertama (perhatikan kata kunci):
Ada beberapa kata kunci dalam judul penelitian:

Jika dalam penelitian ditemukan kata kunci “analisis” atau “gambaran”
Jika dalam judul penelitian ditemukan kata kunci “hubungan”
Jika dalam judul penelitian ditemukan kata kunci “pengaruh”
Jika dalam judul penelitian ditemukan kata kunci “perbandingan”
Langkah kedua (perhatikan jumlah variabel):
Jumlah variabel  penelitian 1 (satu)
Jumlah variabel independen 1 (satu) dan jumlah variabel dependen 1 (satu)
Jumlah variabel independen lebih dari 1 (satu) dan jumlah variabel dependen 1 (satu)
Jumlah variabel independen 1 (satu) dan jumlah variabel dependen lebih dari 1 (satu)
Jumlah variabel independen lebih dari 1 (satu) dan jumlah variabel dependen lebih dari 1 (satu)
Langkah ketiga (perhatikan skala pengukuran)
Skala pengukuran untuk variabel independen
2. Skala pengukuran untuk variabel dependen

Hidayat Huang

Hidayat Huang

Konsultan at PT Globalstat Solusi Utama
Pengajar Metodologi Riset di salah satu perguruan tinggi di Jakarta
Hidayat Huang

Latest posts by Hidayat Huang (see all)