Teknik Analisis Data

Teknik analisis data adalah sebuah proses pemilihan data, pembersihan data, mentransformasi data, sehingga diperoleh informasi yang bermanfaat dari data. Teknik analisis data terdiri dari beberapa jenis tergantung kepada tujuan dari analisa data itu sendiri dan karakteristik data yang akan diolah.

Sebelum memilih teknik analisis data tertentu, peneliti perlu mengetahui apa tujuan dari analisis data tersebut, apakah hanya bersifat menggambarkan, apakah perlu membandingkan, apakah menghubungkan antara variabel atau bahkan mencari hubungan sebab akibat dari beberapa variabel. Kecermatan dalam melihat tujuan penelitian sangat mempengaruhi pemilihan teknik analisis data.

Hal lain yang perlu diperhatikan peneliti sebelum memilih suatu teknik analisis data, mereka perlu mamahami karakteristik dari data tersebut apakah data berskala nominal, ordinal, interval ataukah rasio. Karakteristik data juga dapat dilihat dari pola data tersebut apakah mengikuti pola distribusi normal atau tidak. Karakteristik data yang berbeda akan mempengaruhi pemilihan teknik analisis data yang berbeda pula.

Tujuan penelitian dikelompokan menjadi apakah bertujuan hanya untuk menggambarkan, membandingkan atau mencari pola hubungan antara variabel. Jika hanya menggambarkan, maka penelitian masuk ke dalam analiais deskriptif. Jika bertujuan untuk membandingkan maka penelitian masuk ke dalam kelompok penelitian komparasi. Berbeda dengan penelitian yang bertujuan mencari pola hubungan antara variabel, penelitian seperti ini masuk ke dalam penelitian korelasional atau kausalitas. penelitian komparasi, penelitian korelasional dan penelitian kausalitas bersifat konfirmatori atau mengiji hipotesis.

Hidayat Huang

Hidayat Huang

Konsultan at PT Globalstat Solusi Utama
Pengajar Metodologi Riset di salah satu perguruan tinggi di Jakarta
Hidayat Huang

Latest posts by Hidayat Huang (see all)