Anda perlu memperhatikan konteks penelitian

Saya mengamati terdapat beberapa penelitian yang memiliki orisinalitas atau novelty yang tinggi namun melupakan konteks penelitian. Apa yang dimaksud dengan konteks penelitian di sini? Konteks terkait erat dengan literatur atau penelitian yang memiliki topik yang sama dan terlah dipublikasikan sebelumnya. Sebuah penelitian tidak dapat berdiri sendiri tanpa melihat konteksnya.

Penelitian yang tidak memperhatikan konteks maka hanya akan menjadi penelitian yang aneh. Penelitian tersebut akan terpisah dengan kelompok penelitian yang sudah ada sebelumnya dan terlihat tidak memiliki keterkaitan. Sebagai contoh topik penelitian mengenai motivasi pegawai. Jika seorang peneliti ingin mengkaji mengenai motivasi, maka dia harus mengkaji teori-teori terkait yang berhubungan dengan motivasi. Saat ini teori motivasi Maslow merupakan teori yang banyak dijadikan referensi oleh banyak orang. Sebaliknya, penelitian akan terlihat aneh jika tidak melakukan kajian teori sebelumnya. Penelitian tersebut menjadi lepas konteks.

Setiap disiplin ilmu biasanya memiliki istilah terminologi tertentu. Istilah tersebut khas digunakan di disiplin ilmu tersebut. Kita akan sulit menemukan padanan kata yang tepat ketika istilah tersebut digunakan dalam bidang ilmu lain. Konteks berbeda akan memunculkan makna yang berbeda walaupun mungkin istilah tersebut sama bunyinya. Begitu pun dalam sebuah penelitian, peneliti harus pintar-pintar menempatkan konteks topik penelitiannya. Jangan sampai terlalu melebar atau bahkan terlalu sempit dan tidak mencerminkan konteksnya.

Relevansi dengan konteks penelitian terkini menjadi penting juga demi kebaruan ilmu. Penelitian yang dikategorikan tidak bagus ketika penelitian tersebut kurang memperhatikan konteks penelitian terkini. Jurnal yang dijadikan referensi tentunya jangan sampai terlalu jadul. Paling tidak 10 tahun terakhir merupakan batas waktu maksimal penelitian terdahulu yang akan dijadikan sebagai referensi.

Jurnal-jurnal internasional sangat memperhatikan relevansi topik penelitian dengan konteks penelitian pada disiplin ilmu tertentu. Karya ilmiah yang baik harus memperhatikan konteks. Jika tidak tentunya karya tulis ilmiah anda baik skripsi, tesis maupun disertasi akan sulit dimuat dalam jurnal internasional.

Hidayat Huang

Hidayat Huang

Konsultan at PT Globalstat Solusi Utama
Pengajar Metodologi Riset di salah satu perguruan tinggi di Jakarta
Hidayat Huang

Latest posts by Hidayat Huang (see all)