Kesesuaian Antara Tujuan Penelitian Skripsi / Tesis dengan Hipotesis

Jurnal internasional memperhatikan kesesuaian antara tujuan penelitian skripsi / tesis dengan hipotesis yang ditulis. Terkadang dalam penelitian tidak sinkron antara tujuan dengan hipotesis. hipotesis adalah dugaan sementara dari permasalahan penelitian. sedangkan tujuan utama dari sebuah penelitian adalah menjawab permasalahan penelitian. Tentu keduanya harus ada sinkronisasi.

Sebagai contoh sebuah penelitian mengidentifikasi permasalahan apakah terdapat pengaruh program pelatihan yang dilakukan oleh perusahaan terhadap peningkatan kompetensi karyawan yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerja mereka. Tujuan dari penelitian tersebut harusnya adalah untuk mengetahui pengaruh program pelatihan terhadap peningkatan kompetensi dan kinerja karyawan. Hipotesis penelitian seharusnya menjawab permasalahan penelitian yaitu bahwa program pelatihan memiliki pengaruh terhadap kompetensi dan kinerja karyawan. Peneliti perlu menyatakan dengan jelas tujuan dari penelitian dan hipotesis penelitian. Jika tidak maka penelitian akan bias.

sebuah penelitian dapat mengandung beberapa tujuan penelitian yang dinyatakan menjadi beberapa poin. Tujuan pertama misalnya meneliti pengaruh program pelatihan terhadap kompetensi, tujuan kedua adalah mengeliti pengaruh kompetensi terhadap kinerja dan tujuan ketiga adalah meneliti pengaruh program pelatihan terhadap kinerja. Tidak ada larangan atau aturan harus berapa poin dalam menyatakan tujuan penelitian. Lazimnya 3 sampai dengan 5 tujuan penelitian.

Banyak penelitian yang tidak menyatakan dengan jelas tujuan dan hipotesis penelitiannya. akhirnya ketika menulis hasil penelitian di bab 4, peneliti membahas berbagai hal. Penelitian tersebut memang sangat kaya dengan informasi, namun tidak fokus kepada permasalahan penelitian. Tidak jarang bagian pembahasan lebih banyak membahas kondisi demografi responden yang sama sekali tidak dikaitkan dengan permasalahan penelitian.

Jurnal internasional memberikan point  plus terhadap kesesuaian antara tujuan penelitian dengan hipotesis penelitian. Tentunya unsur novelty harus dipenuhi terlebih dahulu.

Hidayat Huang

Hidayat Huang

Konsultan at PT Globalstat Solusi Utama
Pengajar Metodologi Riset di salah satu perguruan tinggi di Jakarta
Hidayat Huang

Latest posts by Hidayat Huang (see all)