Mengapa mahasiswa perlu menulis skripsi atau tesis?

Sebelum menyelesaikan program studinya di suatu bidang ilmu tertentu, seorang alon sarjana atau master perlu menulis sebuah karya tulis ilmiah dalam bentuk skripsi atau tesis. Mengapa menulis skripsi / tesis perlu dilakukan dan diwajibkan oleh hampir semua universitas? Banyak mahasiswa program s1 atau s2 belum memahami apa filosofi dibalik itu semua. Sebagian dari mereka mengeluhkan bahwa pekerjaan menulis skipsi / tesis dianggap sebagai pekerjaan yang membosankan dan hanya menghabiskan waktu saja. Mengapa mahasiswa tidak diwajibkan membuat karya nyata saja seperti membuat mesin tertentu bagi mahasiswa teknik mesin, atau membuat sebuah sofware komputer bagi mahasiswa informatika. mungkin anda adalah bagian dari orang orang yang menentang ini.

Saya pada awalnya adalah termasuk orang orang yang mempertanyakan ini. namun setelah direnungkan memang mahasiswa wajib membuat tulisan ilmiah sebelum menyelesaikan studinya. pertanyaannya mengapa harus menulis skripsi / tesis dalam bentuk tulisan ilmiah?

Mahasiswa sewbagai akademisi akan dianggap berkontribusi terhadap keilmuan ketika mereka menulis skripsi atau tesis. karya ilmiah tersebut harus ditulis merujuk kepada hasil penelitian. tidak boleh karangan bebas. karya ilmiah yang baik harus memiliki tingkat orisinalitas atau temuan baru sehingga dapat memperkaya keilmuan.

Alasan kedua, ketika mahasiswa telah mampu menulis karya ilmiah dan mampu dipertanggiungjawabkan dalam ujian ilmiah oleh tim penguji yang pakar dibidangnya, tentunya hal tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa tersebut kompeten di bidang keilmuannya. Studinya di bidang ilmu tertentu dapat dinyatakan selesai dan teruji secara formal.

Alasan ketiga, karya ilmiah berupa tulisan merupakan karya yang paling mudah dipelajari oleh semua orang. setiap mahasiswa atau orang yang ingin mempelajari bidang ilmu tersebut tinggal datang ke perpustakaan dan membaca karya ilmiah dalam bentuk tulisan. Tentunya alasan kepraktisan dalam penyebaran keilmuan juga menjadi pertimbangan bahwa sebuah karya tulis perlu dihasilkan. terlebih pada era digiital setiap orang dapat mempelajari hasil karya ilmiah kapanpun dan dimanapun.

Hidayat Huang

Hidayat Huang

Konsultan at PT Globalstat Solusi Utama
Pengajar Metodologi Riset di salah satu perguruan tinggi di Jakarta
Hidayat Huang

Latest posts by Hidayat Huang (see all)