Skripsi / tesis manajemen kinerja organisasi menjadi populer saat ini

Jika diantara anda sedang kebingungan mencari contoh skripsi atau contoh tesis maka topik skripsi / tesis manajemen kinerja dapat menjadi bahan pertimbangan. Mencari contoh skripsi atau tesis memang gambang-gampang susah. Namun, jangan khawatir anda ketik saja mengenai manajemen kinerja atau performance management di Google, maka akan muncul ribuan paper atau penelitian sejenis. Anda pun dapat datang ke perpustakaan untuk mendapatkan contoh skripsi tentang topik ini. Memang mungkin tidak sebanyak jika anda googling di internet. Tapi setidaknya dapat memperbanyak referensi anda.

Manajemen kinerja (performance management) adalah topik yang sedang hangat diperbincangkan di jurnal-jurnal international. Jika anda sedang mencari contoh skripsi / tesis, cobalah membuka beberapa jurnal mengenai manajemen, maka akan menemukan banyak paper mengenai performance management. Dalam salah satu jurnal yang saya baca, disebutkan judul-judul sebagai berikut: Pengaruh budaya masyarakat terhadap kinerja lembur karyawan, pengaruh otonomi dan timbal balikĀ  terhadap kinerja tim, gaya kepemimpinan paternalistik terhadap kinerja organisasi, keragaman ras dan kinerja organisasi dan komunisasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja. topik-topik tersebut merupakan sebagian kecil dari topik manajemen kinerja yang saya temui. Tentu masih banyak topik-topik yang lainnya.

Apa yang dimaksud dengan manajemen kinerja? Adalah salah satu bagian dari disiplin ilmu manajemen yang fokus kepada kajian mengenai manajemen organisasi dalam mengedalikan organisasi agar berjalan dan mencapai tujuannya secara efektif dan efisien. Bagaimana organisasi dan tim diukur kinerjanya apakah sudah sesuai dengan tujuan organisasi. Anda dapat melakukan kajian bagaimana penerapan manajemen kinerja dalam sebuah organisasi. Anda dapat juga mengkaji mengenai efektivitas tools manajemen kinerja seperti Balance Score Card dalam mengontrol kinerja organisasi. Nah, tentu ini dapat menjadi contoh skripsi / tesis yang menarik.

Analisis manajemen kinerja dapat lebih meluas. Topiknya dapat mengenai kinerja organisasi, kinerja individu dalam organisasi maupun proses yang ada di dalamnya. Topik-topik di atas dapat dapat diperkaya dengan berbagai perkembangan terkini. Topiknya dapat meluas, baik mengenai analisis kinerja sebuah organisasi dikaitkan dengan variabel lain yang mempengaruhinya, maupun dikaitkan dengan variabel yang mempengaruhi kinerja individu dalam organisasi.

Terkait ruang lingkup, manajemen kinerja dapat diimplementasikan di berbagai lingkungan kerja seperti perusahaan, organisasi nirlaba, institusi pemerintah, organisasi kemasyarakatan, bahkan dalam kelompok olah raga dan organisasi kemahasiswaan. Penerapannya akan sedikit berbeda, terlebih tujuan organisasi-organisasi juga berbeda. Kesamaannya adalah bagaimana anggota organisasi menjalankan proses dalam organisasi sehingga mencapai tujuan organisasi dengan lebih efektif dan efisien. Itulah point-nya. Indikator-indikator keberhasilan yang digunakan mungkin akan berbeda. Setiap organisasi memiliki struktur yang berbeda. Dalam stuktur yang sama pun, masih dimungkinkan memiliki job description yang berbeda ketika tujuan organisasinya berbeda. Nah, keefektifan struktur organisasi pun dapat menjadi kajian skripsi atau tesis anda dalam mengukur seberapa efektifkan struktur organisasi yang ada untuk mencapai tujuannya.

Hal yang menarik lainnya adalah strategi. Dalam bidang manajemen kinerja, anda dapat mengkaji bagaimana strategi organisasi. Seberapa tepat strategi yang digunakan dalam mencapai tujuan organisasi. Mana diantara berbagai strategi yang telah digunakan yang paling tepat untuk mencapai tujuan organisasi. Jika hal tersebut dikaji lebih mendalam, dapat memberikan manfaat bagi organisasi dalam mencapai tujuannya.

Ada hal yang menarik yang mungkin dapat anda teliti, mana yang lebih baik, apakah structure follows the strategy atau strategy follows the structure? Dalam konteks manajemen kinerja organisasi, ini menarik untuk dikaji. Mengapa? Karena selama ini, organisasi-organisasi di Indonesia baik itu swasta maupun pemerintahan, lebih fokus pada pembentukan struktur organisasi pada saat pembentukan organisasi baru. Bukan pada strategi. Silahkan dikaji.

Referensi:
http://en.wikipedia.org/wiki/Performance_management

Hidayat Huang

Hidayat Huang

Konsultan at PT Globalstat Solusi Utama
Pengajar Metodologi Riset di salah satu perguruan tinggi di Jakarta
Hidayat Huang

Latest posts by Hidayat Huang (see all)