Rahasia Menulis Skripsi / Tesis dalam Satu Malam (Bagian 3)

Tulisan ini melanjutkan artikel sebelumnya mengenai bagaimana menulis skripsi / tesis dalam satu malam. Pada tips sebelumnya saya menyarankan untuk men’contek’ dan memahami dosen pembimbing. Pada tulisan kali ini saya menyarankan agar skripsi / tesis kamu lancar maka kamu harus melakukan hal hal berikut:

3. Cari Data Terlebih Dahulu Kemudian Ujilah Data Tersebut

Banyak mahasiswa tingkat akhir yang sibuk menulis bab satu sampai dengan bab tiga. Namun, ketika masuk ke bab berikutnya yaitu bab hasil penelitian dan bab analisis, ternyata datanya tidak ada. Nah, tentunya hal ini sangat menghambat mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi / tesis kamu. Bagaimana skripsi/tesis mau selesai jika datanya tidak ada. Apa yang akan diolah jika datanya tidak tersedia. Oleh sebab itu saya menyarankan untuk mencari data terlebih dahulu kemudian diolah.

Jika penelitian kamu menggunakan data sekunder akan lebih mudah. Kamu coba datangi instansi terkait yang menyediakan data penelitian. misalnya kamu datangi Badan Pusat Statistik atau Bursa Efek Indonesia. Kamu coba tanyakan data yang kamu butuhkan apakah tersedia atau tidak. Jika tidak tersedia kamu dapat mencari dari berbagai sumber yang mungkin menyediakan. Jika dari sumber lain pun tidak tersedia maka kamu dapat mengganti indikator dari penelitian kamu.

Jika penelitan kamu menggunakan data primer, kamu dapat mencoba menyebarkan kuesioner ke sebagian sampel. Tidak perlu menyebarkan kuesioner ke seluruh sampel. Hasilnya kamu olah apakah jawaban responden cukup valid atau tidak. Kalau pun sudah valid maka tinggal melanjutkan. Jika tidak kamu koreksi kembali redaksional dalam kuesioner yang telah kamu buat. Jangan-jangan ketidakvalidan tersebut disebabkan oleh responden yang tidak memahami kuesioner yang telah kamu buat.

Katakanlah data telah kamu peroleh, langkah selanjutnya kamu coba olah data tersebut menggunakan metode statistik. apakah hipotesis yang kamu ajukan terbukti atau tidak. jika terbukti berarti skripsi / tesis kamu akan lancar. namun jika tidak terbukti maka kamu coba cari tahu mengapa tidak terbukti. mungkin karena datanya terlalu sedikit, atau mungkin variabelnya kurang. Coba cari tahu kemungkinan-kemungkinan tersebut.

Menguji data terlebih dahulu sebelum menulis bab satu, dua dan tiga dapat mengurangi kegagalan kamu dalam menulis skripsi / tesis. Ibaratnya kamu mengerjakan dari belakang. Kamu mengetahui kesimpulan apa dari penelitian kamu, kemudian kamu menulis latar belakang dan fenomena masalahnya.

Topik performance management merupakan salah satu topik penelitian yang sedang hangat untuk ditelili. Silahkan membacanya pada link artikel ini.

Hidayat Huang

Hidayat Huang

Konsultan at PT Globalstat Solusi Utama
Pengajar Metodologi Riset di salah satu perguruan tinggi di Jakarta
Hidayat Huang

Latest posts by Hidayat Huang (see all)