RAHASIA Membuat Proposal Tesis dalam Satu Malam (Bagian 2)

RAHASIA Membuat Proposal Tesis dalam Satu Malam (Bagian 2)

Oleh: Ayat Hidayat, S.Si, MBA, (Dosen salah satu perguruan tinggi di Jakarta)

Pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan tips bagaimana menulis proposal tesis dalam satu malam. Jika Anda penasaran apa tips pertama agar menulis proposal dengan sangat cepat, silahkan cari artikel saya sebelumnya.

Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tips kedua dalam menulis proposal tesis yaitu:

2. Pelajari selera Dosen Pembimbing atau Promotor

Yang saya maksud dengan mempelajari selera adalah bukan selera makanan atau selera yang lainnya. Tetapi selera topik apa yang diminati oleh dosen pembimbing. Cara berpikir orang biasanya tidak akan jauh dari minatnya. Setiap orang akan menggunakan ‘kacamata minat’ dalam memandang sesuatu, termasuk topik penelitian.

Memang terkesan terbalik, mengapa kita yang harus menyesuaikan dengan selera dosen pembimbing. Bukankah mereka yang harusnya membimbing mahasiswanya? Jika Anda berpikir demikian, saya kira tidak salah. Idealnya memang seharusnya dosen pembimbing membimbing mahasiswa. Pertanyaan saya adalah berapa kondisi ideal itu terjadi? Sudahlah ikuti saja tips dari saya jika ingin lulus cepat.

Bagaimana mengetui selera dosen pembimbing kita. Gampang, kita tinggal menanyakan kepada dosen kita apakah ada tulisan hasil penelitian atau proposal tesisĀ  mereka yang dipublikasikan atau diromendasikan agar kita baca. Jika ada maka anda tinggal membacanya. Pelajari mulai dari topik penelitian, bagaimana kerangka berpikirnya dan bagaimana metode penelitiannya. Selanjutnya Anda tinggal ‘menconteknya’ menjadi proposal skripsi Anda.

Jika tidak ada atau dosen pembimbing tidak mau memberi tahu, maka anda dapat menanyakan proposal skripsi mahasiswa bimbingannya yang paling bagus yang dapat dijadikan referensi. Ingat referensi bukan contokan ya! Nah, jika ada berarti anda tinggal mempelajarinya. Biasanya tulisan/penelitian yang diharapkan dari kita adalah tidak jauh berbeda dengan mahasiswa bimbingan terbaik sebelumnya.

Mulailah untuk rajin ke perpustakaan mencari penelitian teman anda atau angkatan sebelumnya yang dibimbing oleh dosen yang sama. Tidak ada salahnya mulai mengontak orang tersebut dan mulai bertanya apa topik selera dosen pembimbing anda. Memang perlu sedikit usaha. Namanya juga pengen cepet lulus. Pelajari bab 1 dan bab 3 penelitian terutama. Mudah-mudahan kamu menemukan ide dalam menulis proposal skripsi kamu.

Jika tidak ada juga, maka saya ucapkan selamat menduga-duga apa keinginan dosen pembimbing Anda terhadap proposal tesis Anda. Tetapi saya kita hal tersebut sangat jarang terjadi. Dosen pembimbing pun memiliki kepentingan untuk meluluskan anda segera..

 

Hidayat Huang

Hidayat Huang

Konsultan at PT Globalstat Solusi Utama
Pengajar Metodologi Riset di salah satu perguruan tinggi di Jakarta
Hidayat Huang

Latest posts by Hidayat Huang (see all)