RAHASIA Membuat Proposal Tesis / Skripsi dalam Satu Malam

RAHASIA Membuat Proposal Tesis / Skripsi dalam Satu Malam

Oleh: Ayat Hidayat, S.Si, MBA, (Dosen salah satu perguruan tinggi di Jakarta)

Apakah kamu adalah sebagian dari mahasiswa yang galau dalam menyusun proposal tesis / skripsi? Beberapa proposal mungkin sudah ditulis, namun kenapa kok dosen pembimbing selalu menolak proposal tesis / skripsi yang telah kamu tulis? Alasannya kurang ini lah, kurang itu lah, membuat mahasiswa frustasi.

Memang kadang kamu sebagai mahasiswa membuat tulisan menggunakan perspektif kamu sendiri, tentunya dengan penuh keterbatasan pengetahuan dan pengalaman. Dosen memeriksa tulisan kamu dengan penuh pengalaman dan pengetahuan. Ya, mereka tentunya dapat dengan mudah menemukan kesalahan dalam sebuah proposal tesis / skripsi yang telah kamu tulis.

Saya sebagai pengajar juga di salah satu perguruan tinggi di jakarta, sering juga lho frustasi membaca tulisan mahasiswa yang terkesan masih, maaf, ‘amburadul’. Namun tentunya perlu ada penyelesaian. Jika tidak, maka mahasiswa tidak akan kelar dalam menyelesaikan studinya. padahal proposal tesis / skripsi hanya merupakan bagian permulaan dari skripsi. Skripsi sendiri adalah prasyarat mutlak bagi mahasiswa untuk lulus dari perguruan tinggi. Nah lho!

Ini adalah pengalaman beberapa mahasiswa saya yang menyelesaikan skripsi dengan lebih cepat dibandingkan dengan mahasiswa lainnya. Tentu kamu sebagai mahasiswa dapat meniru bagaimana RAHASIA mereka menulis proposal tesis / skripsi dengan cepat. Saya pernah menanyakan kepada mereka, ternyata ada sebagian dari mereka yang menyelesaikannya dalam waktu satu malam. Ketika dibawa ke dosen pembimbing, salah satunya saya, tulisannya pun bagus. Layak untuk dijadikan bahan penelitian skripsi.

Selidik punya selidik, ini rahasia mereka (jangan bilang siapa-siapa ya?):

1. ‘Nyontek’ skripsi yang sudah ada

Nah lho, kok nyontek? Eh, jangan berpikiran negatif dulu. Nyontek di sini artinya mereka datang ke perpustakaan. Mereka lihat skripsi-skripsi yang sudah ada. mereka mengamati judul, topik skripsi dan ide dari penelitian yang sudah ada. Jangan salah lho, dari membaca-membaca seperti ini, kalian akan mendapatkan inspirasi menganai topik apa saja yang kalian dapat tulis. dengan ‘nyontek’ skripsi yang sudah ada juga, kalian mungkin dapat mengembangkan topik yang ada menjadi lebih luas.

Ada beberapa mahasiswa yang lainnya, yang lulusnya lebih lama, saya menemukan fenomena yang aneh. Mereka cenderung idealis gak jelas. Mereka tidak mau ‘nyontek’ dari skripsi-skripsi yang sudah ada. Suatu ketika mereka datang ke saya dengan ‘ide orisinal’ proposal skripsi mereka. Lalu, saya meminta mereka untuk mengecek apakah sudah ada judul serupa di perpustakaan atau di internet. Hasilnya adalah ternyata banyak sekali penelitian lain yang membahas topik yang sama persis.

Makanya, mungkin diantara kamu ada yang merasa bahwa topik proposal skripsi yang akan ditulis adalah ide orisinal kamu, eh tau-tau, itu sudah banyak di perpustakaan. Kadang apa yang kamu pikirkan adalah sama dengan yang orang lain pikirkan. So, saran saya, mari men’contek’ skripsi lain sebelum menulis proposal skripsi kamu…

Sebetulnya masih banyak RAHASIA-RAHASIA lain yang saya temukan, namun karena jari-jari ini sudah pegel mengetik, maka saya akan menulisnya di artikel selanjurnya

COMING SOON..RAHASIA Menulis Proposal Skripsi dalam Satu Malam jilid 2

Hidayat Huang

Hidayat Huang

Konsultan at PT Globalstat Solusi Utama
Pengajar Metodologi Riset di salah satu perguruan tinggi di Jakarta
Hidayat Huang

Latest posts by Hidayat Huang (see all)