Tips Menulis Proposal Skripsi

Tips Menulis Proposal Skripsi

Ditulis Oleh: Ayat Hidayat, S.Si., MBA. (Dosen Statistika FE YARSI)

Beberapa mahasiswa kesulitan membuat proposal skripsi atau tesis. Diantara mereka ada yang beberapa kali proposal skripsi atau tesisnya ditolah oleh pemimbing. Apa sebenarnya yang membuat sebuah proposal skripsi/tesis diterima oleh dosen pembimbing. Berikut merupakan beberapa tips dari saya yang diambil dari pengalaman membimbing mahasiswa dalam menulis skripsi/tesis.

1. Cari topik skripsi/tesis yang menarik

skripsi /tesis yang menarik bagi satu dosen pembimbing mungkin akan berbeda dengan dosen pembimbing lain. Menarik atau tidaknya sebuah topik skripsi/tesis memang relatif. Namun tentunya ada cara untuk membuat topik yang menarik. Anda mulai pelajari dosen pembimbing anda, mengenai apa tulisan-tulisan dosen pembimbing Anda. jika topik yang ada berkaitan dengan minat riset pembimbing anda tentunya dosen anda akan merasa berguna dengan membimbing anda. Dosen pembimbing setidaknya akan mendapatkan kajian gratis berdasarkan hasil penelitian anda.

2. Carilah topik skripsi/tesis yang aktual

Sebetulnya untuk mencari topik skripsi /tesis yang aktual tidak begitu susah. Rajin-rajinlah mahasiswa membaca surat kabar. Carilah topik yang terkait dengan jurusan yang diambil. skripsi / tesis yang menarik biasanya terkait dengan topik yang sedang aktual. Misalnya ketika banyak surat kabar yang memasang headlines mengenai kenaikan harga bahan bahar minyak (BBM), maka sebaiknya anda angkat isu tersebut menjadi topik dalam skripsi / tesis anda. ketika sedang ramai berita mengenai pemilu, maka kaitkan skripsi/tesis anda dengan isu pemilu. hal tersebut tentunya akan lebih aktual.

3. Jangan lupa pergi ke perpustakaan kampus

Pergi ke perpustakaan memang terkesan nerd. Tapi tentunya untuk menyelesaikan skripsi atau tesis Anda, Anda perlu membaca beberapa referensi terkait. Menurut saya membaca skripsi atau tesis sebelumnya akan sangat membantu dalam membuat proposal skripsi atau tesis. setidaknya anda akan mendapatkan ide apa yang akan anda tulis. Dengan datang ke perpustakaan juga anda dapat mengasah topik proposal skripsi tesis anda. jangan-jangan sudah ada yang menulis dengan topik yang sama persis. Tentunya anda tidak boleh menulis proposal skripsi tesis yang sama persis yang pernah diajukan oleh penulis lain.

 

Hidayat Huang

Hidayat Huang

Konsultan at PT Globalstat Solusi Utama
Pengajar Metodologi Riset di salah satu perguruan tinggi di Jakarta
Hidayat Huang

Latest posts by Hidayat Huang (see all)