Metode Penelitian Kuantitatif

Metode penelitian kuantitatif adalah sebuah metode penelitian berdasarkan bukti empiris untuk melakukan investigasi fenomena sosial melalui prinsip-prinsip statistik. Tujuan dari metode penelitian kuantitatif adalah untuk mendapatkan pola atau model matematis, pembuktian teoritis dan hipotesis yang dibentuk peneliti. Proses pengukuran merupakan hal yang sangat penting dalam metode penelitian kuantitatif karena hal tersebut merupakan jembatan antara pengamatan empiris dan ekspresi matematis pada hubungan kuantitatif.

Kerangka berpikir metode penelitian kuantitatif adalah bersifat konfirmatori dan deduktif. konfirmatori maksudnya adalah mengkonfirmasi teori yang sudah ada. Pada metode penelitian kuantitatif, peneliti perlu mengumpulkan teori dari berbagai penelitian yang sudah ada kemudian mengumpulkan data dari lapangan untuk mengkonfirmasi teori tersebut. Bersifat deduktif artinya berangkat dari sesuatu yang bersifat umum. Pada metode penelitian kuantitatif, peneliti membuat hipotesis yang akan dibuktikan dengan data empiris.

Penelitian kuantitatif saat ini sudah sangat luas digunakan pada penelitian sosial, psikologi dan ilmu humaniora. Dalam bidang sosial, metode kuantitatif dapat digunakan untuk melihat pengaruh faktor-faktor yang menjadi penyebab suatu fenomena sosial. Misalnya penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh jaminan sosial, upah buruh terhadap kesejahteraan buruh. variabel jaminan sosial dan upah buruh menjadi variabel penyebab meningkatnya kesejahteraan buruh. dalam bidang manajamen, metode kuantitatif dapat digunakan untuk mengukur pengaruh kompensasi dan kepemimpinan terhadap motivasi kerja karyawan.

Selain banyak digunakan dalam penelitian kausalitas seperti contoh di atas, penelitian kuantatif juga digunakan untuk membandingkan dua atau lebih fenomena dengan ukuran-ukuran statistik sebagai pembandingnya. Sebagai contoh penelitian untuk membandingkan proporsi jumlah penduduk yang masuk ke dalam kategori miskin di dua kota yang berbeda. Peneliti membandingkan ukuran statistik proporsi penduduk miskin pada dua kota yang berbeda. metode kuantitatif tepat untuk menguji tujuan perbandingan tersebut.

 

Hidayat Huang

Hidayat Huang

Pengajar Metodologi Riset di salah satu perguruan tinggi di Jakarta
Hidayat Huang

Latest posts by Hidayat Huang (see all)